UPT. BIMBINGAN DAN KONSELING
Universitas Muhammadiyah Malang
UPT. BIMBINGAN DAN KONSELING
Universitas Muhammadiyah Malang

10 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Anda Merasa Kesepian

 

1. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri dengan bentuk dan cara apapun

Jika Anda melakukan hal tersebut, percayalah bahwa itu hanya akan membuat kondisi Anda semakin memburuk. Menyalahkan diri sendiri hanya akan membuat Anda menjadi semkain tidak terampil, produktif, atau pun . Telah banyak berbagai penyebab dan kondisi yang membuat diri Anda merasakan hal yang menyakitkan ini. Dan percayalah, yakinkan diri Anda bahwa ini bukanlah mutlak kesalahan Anda.

 

2. Mencari Bantuan dari “Teman Bukan Manusia”

Ada banyak kemungkinan yang bisa Anda temukan, seperti hewan peliharaan, makanan atau buku kesukaan, menonton televisi, atau bahkan menikmati pemandangan dengan duduk-duduk di luar untuk sementara waktu. Kita dapat menemukan banyak pelipur lara yang dapat menyembuhkan rasa sakit dari kesepian. Cobalah hal-hal tersebut dan perhatikan hal-hal apa saja yang paling membuat Anda merasa lebih baik.

 

3. Terhubung dengan Teman

Pikirkan seseorang yang selalu mendukung atau pun membuat Anda tertawa dengan hal-hal sederhana, kemudian cobalah unutk menghubungi orang tersebut. Anda mungkin menolak untuk melakukan hal seperti ini disaat Anda benar-benar merasa kesepian. Tetapi bagaimanapun, hal tersebut layak dicoba karena menghubungi orang-orang yang dapat diandalkan akan membuat Anda terdorong mengeluarkan tenaga yang lebih berharga.

 

4. Lakukan hal yang kreatif, tidak peduli seberapa sederhananya hal tersebut

Cobalah untuk mewarnai sebuah buku atau bermain puzzle, bereksperimen dengan alat jahit, atau hal-hal lain yang serupa. Anda juga bisa memikirkan sesuatu yang berbeda dari orang lain, kemudian cobalah untuk melakukan hal menyenangkan tersebut yang dapat membuat Anda meerasa lebih tenang.

 

5. Bantulah Orang yang Membutuhkan

Membantu orang lain akan mengurangi perasaan kesepian yang sedang Anda rasakan karena hal tersebut akan membuat kita menjadi tidak terpusat fokus pada diri sendiri. Anda bisa saja membantu tetangga yang sudah tua atau seseorang yang Anda temukan di situs sosial media yang lebih membutuhkan bantuan atau dukungan dari Anda.

 

6. Ingatlah Orang Lain yang Juga Merasa Kesepian Seperti Anda

Cobalah untuk berinteraksi dengan orang lain yang juga sama merasakan kesepiannya seperti Anda.Hal tersebut akan membuat kalian menjadi terhubung satu sama lain. Bahkan jika memungkinkan Anda akan menyadari bahwa Anda bukanlah satu-satunya di dunia ini yang sedang merasakan kesepian, sehingga Anda akan merasa sedikit lebih ringan dari perasaan tersebut.

 

7. Bayangkan Beberapa Tempat yang Anda Inginkan Untuk Berada Disana

Berbahagia untuk orang lain bahkan ketika mereka dapat melakukan sesuatu yang ingin Anda lakukan, pada akhirnya akan membuat Anda seakan-akan sedang berada disana bersama mereka dan hal tersebut dapat mengurangi perasaan kesepian yang Anda alami. Sekalipun perasaan bahagia terhadap orang lain hanya bertahan dalam waktu yang singkat saja, namun hal tersebut dapat menenangkan dan menyembuhkan, serta ajaibnya itu bahkan dapat membuat Anda turut merasa berbahagia.

 

8. Perlakukan Kesepian Sebagai Teman Lama yang Datang Tanpa Diundang

Hal ini adalah cara untuk tidak menolak perasaan Anda karena menolak hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk. Zen, seorang guru dari Thich Nhat Hanh meminta kita untuk member perhatian terhadap amarah dan emosi-emosi lain yang menyakitkan. Berteman dengan apa yang sedang kita rasakan merupakan tindakan nyata dari self compassion (mengasihi diri sendiri). Jadi, berikan perhatian terhadap rasa kesepian Anda sebagaimana itu adalah teman lama Anda. Katakanlah, “Halo kesepian, Saya melihatmu datang berkunjung untuk sementara waktu”. Ketika Anda membiarkan emosi-emosi yang menyakitkan tersebut ke dalam hati Anda dengan kasih sayang, hal itu akan menghapus perasaan terluka yang Anda alami.

 

9. Ingatkan Diri Anda Bahwa Hidup Tidak Selalu Menyenangkan

Setiap orang tidak slelau mendapatkan jalan yang mereka inginkan, mari hadapi kenyataan itu, bahwa hidup tidak selalu menyenangkan. Ini adalah nyata untuk semua orang. Garis besarnya adalah kesepian merupakan momen yang kurang menyenangkan dalam hidup Anda. Kata-kata oleh Rainer Maria Rilke, “No feeling is final”. Jika Anda mampu bersabar dalam kesepian, itu seperti esok hal tersebut akan sedikit terhapuskan. Dan keesokan harinya, itu semakin terhapuskan. Segala emosi tidaklah menetap dalam diri Anda. Mereka muncul dan berlalu, kemudian muncul dan berlalu lagi.

 

10. Menyanyi

 

Adalah hal yang hampir tidak mungkin untuk merasa kesepian ketika Anda sedang bernyanyi. Biarkan musik kesukaan menemani Anda selama bernyanyi. Kesepian adalah suatu hal yang sulit untuk dihilangkan, namun jika Anda mencoba beberapa tips ini mungkin Anda bisa mengalahkannya. Selamat mencoba!

 

Source : psychologytoday.com

Shared: