UPT. BIMBINGAN DAN KONSELING
Universitas Muhammadiyah Malang
UPT. BIMBINGAN DAN KONSELING
Universitas Muhammadiyah Malang

JADILAH ORANG YANG KUAT

JADILAH ORANG YANG KUAT

Suatu ketika, Seorang kawan mengeluh tentang betapa berat dan banyak masalah hidup yang dihadapinya. Sedangkan seorang santri saya yang lain menangis dalam CURHATNYA mengingat deraan cobaan hidup yang tengah dialami.

Sungguh, seringkali ketika menghadapi masalah,  kita mengeluhkan betapa berat masalah kita, betapa sulitnya masalah itu dilewati. Padahal harus kita pahami bersama, bahwa mungkinkah Allah memberikan masalah untuk kita tanpa mempersiapkan diri kita dulu? Mungkinkah Allah melimpahkan masalah diluar batas kemampuan kita? Mungkinkah Allah memberikan masalah tanpa memberikan jalan keluarnya? Dan mungkinkah Allah tidak mengangkat derajat orang-orang yang mampu melewati masalah dengan baik?

Sesungguhnya, masalah adalah cara Allah mendidik kita. Allah memberikan masalah agar kita semakin kuat. Maka, jadilah orang yang kuat sehingga apa pun menjadi mudah dilaksanakan. Maka, do’a yang baik bukanlah, “Ya Allah, mudahkanlah urursankau”. Karena itu hanya membuatmu lemah dan manja. Dalam setiap keadaan kamu akan merasa berat dan praktis. Namun berdo’alah, “Ya Allah kuatkanlah aku.” Maka, kamupun menjadi orang yang kuat untuk menghadapi berbagai masalah. Ringan maupun berat akan menjadi sebuah tantangan yang mengesankan.

Tidak pernahkah kita membayangkan betapa hambanya hidup ini tanpa ada masalah di dalamnya? Bahkan, seseungguhnya mudah saja bagi Allah untuk membaut seluruh hamba-Nya menjadi baik dan dijalan yang sama. Tetapi, masalah adalah jalan Allah untuk menyeleksi hamba-hambanya. Masalah adalah jalan untuk membedakan mana pemenang dan mana pecundang, mana yang  kaut dan mana yang lemah, mana yang layak memimpin dan mana yang layak dipimpin, mana yang layak mendapatkan prestasi yang tinggi dan mana yang tidak laya. Masalah bagaikan sebuah rintangan dalam pendakian gunung. Hanya orang-orang yang hebatlah yang akan mampu melawati masalah dan mencapai puncak, puncak atas segala sessuatu.

*CATATAN*

Sesungguhnya disetiap kesulian akan ada kemudahan

TETAP SEMANGAT’

 

 

Shared: