UPT. BIMBINGAN DAN KONSELING
Universitas Muhammadiyah Malang
UPT. BIMBINGAN DAN KONSELING
Universitas Muhammadiyah Malang

Satu Kesusahan Akan Datang Dua Kemudahan

 Satu Kesusahan Akan Datang Dua Kemudahan

Wahai saudaraku........

Pernahkah anda merasakan sebuah keadaan dimana berbagai cobaan datang silih berganti, berbagai musibah datang menerpa, berbagai kesulitan hidup menghimpit jiwa dan menyesakkan dada kita? Pernahkah anda merasakan sebuah keadaan dimana berbagai upaya telah ditempuh, berbagai ikhtiar dan doa telah kita jalani, akan tetapi permasalahan itu tak kunjung selesai, hanya tinggal kepasrahan kepada kehendak Allah yang menyelimuti pikiran kita, pernah kita mengalaminya?

Itu merupakan sebuah dinamika hidup yang harus kita jalani. Sesunggunya setelahkelaparan ada kenyang, sesudah dahaga akan ada kesejukan, setelah bekerjaada istirahat, setelah sakit akan ada kesembuhan, yang sesat akan menemukan jalannya, yang telah melalui kegelapan akan menemukan secercah cahayang yang terang. Bagaimanapun hidupmu, pastikan jangan membautmu bersedih. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan,. Sebagaimana Allah Berfirman :

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah : 5-6)

Bukan hanya kita sebagai manusia biasa yang mengalaminya, kekasih-kekasih  Allah seperti para nabi-Nya pun tak kan luput dari permasalahan tersebut.Rasulullah pun pernah mengalami berbagai cobaan dalam hidupnya. Percobaan pembunuhan, pelecehan, cacian, hingga pemboikotan pun pernah beliau rasakan. Namun sungguh luar biasa ketabahan dan keoptimisan beliau dalam menghadapi itu semua.

Ketika ayat 5-6 surat Al-Insyirah  turun. Rasulullah bersabda :”Bergembiralah kalian semua, karena akan datang bagi kalian kemudahan. Kesukaran tidak akan mengalahkan dua kemudahan.” (HR. Ibnu Jarir)

Maka wahai saudaraku, berilah kabar gembira bagi malam yang gelap, bahwa esok lusa akan terbit fajar terang dari puncak gunung dan celah-celah lembah. Berilah kabar gembira bagi mereka yang dalam keadaan gelisah dan goncang, bahwa akan muncul kegembiraan dan ada kelembutan tersembunyi dibalik penderitaan.

Shared: