UPT. BIMBINGAN DAN KONSELING
Universitas Muhammadiyah Malang
UPT. BIMBINGAN DAN KONSELING
Universitas Muhammadiyah Malang

Profil

Profil

 

UPT. Bimbingan dan Konseling adalah sebuah unit pelaksana teknis yang dibentuk untuk membantu pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Muhammadiyah Malang dengan fokus tugas pada bidang layanan bimbingan dan konseling bagi seluruh civitas akademika (Mahasiswa, Dosen, Karyawan dan keluarganya). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan keleluasaan UPT. Bimbingan dan Konseling dalam menjalankan tugasnya mengoptimalkan potensi dan meminimalkan berkembangnya permasalahan yang dialami civitas akademika yang berpotensi mengganggu kinerjanya di kampus.

UPT. Bimbingan dan Konseling dalam tata laksana tugasnya memberikan layanan berupa :
(a) Bimbingan ; kegiatan memberikan bantuan kepada civitas akademika agar mampu mengenali potensi dirinya, memahami lingkungan dan mampu mengatasi hambatan atau permasalahan yang dapat berpotensi mengganggu tercapainya tujuan hidup (masa depan). Kegiatan ini dapat berbentuk penyebaran informasi (buletin), assessment psikologi, diskusi, bedah film dan kasus, pelatihan, workshop, talkshow dan seminar serta kegiatan lain yang bertujuan membantu civitas akademika dalam memahami diri dan lingkungannya.

(b) Konseling ; sebuah kegiatan yang ditandai dengan adanya hubungan antara konselor dan konseli dirancang untuk membantu konseli (klien) untuk memecahkan permasalahan secara bersama-sama dan membuat pilihan yang bermakna bagi dirinya. Konseling dapat dilakukan secara individual, keluarga maupun kelompok . Konseling dilaksanakan oleh tenaga ahli dalam bidang konseling (konselor profesional) dan dibantu oleh para psikolog (untuk pemeriksaan psikologi), bahkan kami juga menyiapkan konselor sebaya untuk kegiatan konseling sebaya (peer counseling).

Dengan motto
Care, Share and be Better, kami bekerja secara profesional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan etika profesionalisme demi tujuan membuat kondisi lebih baik menuju kesejahteraan psikologis yang optimal bagi civitas akademika Universitas Muhammadiyah Malang.

 
Kepala UPT. Bimbingan dan Konseling